Road to CMU: Mencari Kampus Impian

Tidak terasa sudah lebih dari 1 tahun saya memiliki niat untuk melanjutkan studi ke jenjang master. Saya mulai berniat mangambil master pada bulan Agustus 2015. Saat itu, masih belum terbayang ingin ambil program apa dan di kampus apa. Dimulailah perjalanan saya untuk mencari kampus impian yang akan saya tuju.

Ada beberapa hal yang dapat dilihat untuk memilih universitas yang tepat untuk kita. Saya menggunakan kriteria berikut untuk memilih unversitas tujuan saya.

1. Peringkat Universitas

Mungkin ini tidak terlalu penting untuk beberapa orang, namun bagi saya, ini adalah filter pertama yang saya gunakan untuk menyaring universitas tujuan dari berbagai universitas di dunia. Peringkat universitas dapat membantu kita memilih universitas berdasarkan peringkatnya untuk jurusan tertentu. Misalnya, saya mencari universitas yang masuk ke dalam 10 besar dunia untuk program computer science dan information system. Dengan menggunakan situs QS World Ranking, saya bisa mendapatkan universitas yang masuk peringkat 10 besar dunia untuk bidang ini.

QS World Ranking 2016 Computer Science

2. Negara dan Bahasa

Statue of Liberty

Source: http://hdwallpaperbackgrounds.net/statue-of-liberty-wallpapers/

Ini juga merupakan hal yang penting. Negara sangat berhubungan dengan lingkungan yang akan kamu tinggali nanti. Memilih negara yang tepat dapat menjadi penentu juga dalam proses seleksi beasiswa, karena tidak semua negara memiliki kesempatan beasiswa yang sama.

Selain itu, bahasa juga sangat penting karena kita akan menggunakannya untuk merkomunikasi sehari-hari. Pastikan bahasa yang digunakan telah kita kuasai agar kita tidak akan kesulitan dalam proses belajar nantinya.

3. Kurikulum

Source: http://www.oliversacks.com/books-by-oliver-sacks/

Source: http://www.oliversacks.com/books-by-oliver-sacks/

Dari daftar yang saya dapatkan dari peringkat universitas, saya mengunjungi website masing-masing universitas dan mencari program yang sesuai dengan minat saya. Disini, saya melihat kurikulum yang ditawarkan dari setiap program. Lihatlah detail mata kuliah yang akan kamu dapatkan di universitas ini dan pilih yang sesuai dengan tujuan kamu kedepannya. Pada tahap ini, saya mengerucutkan pilihan saya ke 3 program, yaitu Master of Science in Software Management CMU, Master of Information System and Management CMU, dan Master Information Management and Systems UC Berkeley.

4. Biaya dan Beasiswa

Mungkin ini adalah kriteria yang kurang penting kalau kamu mengincar atau sudah dapat beasiswa yang bersedia membayar biaya kuliah dan hidup kamu secara full, namun untuk yang belum, hal ini menjadi sangat krusial. Pastikan kampus yang kamu tuju sesuai dengan rencana beasiswa atau finansial kamu. Hal ini penting untuk menentukan negara tujuan karena beberapa negara ada yang hanya memiliki kesempatan beasiswa yang terbatas sedangkan negara lain memiliki kesempatan beasiswa yang sangat banyak. Misalnya menurut saya, US merupakan salah satu negara yang memiliki sedikit penyedia beasiswa. Sejauh yang saya tahu hanya ada 4 kesempatan, yaitu LPDP, Fulbright, Beasiswa Prestasi dan Beasiswa Unggulan.

Itulah 4 kriteria yang saya gunakan untuk memilih universitas yang saya tuju. Dengan menggunakan kriteria tersebut, pilihlah program dan universitas yang tepat untuk kamu. Kamu juga bisa menambah kriteria lain sesuai dengan kebutuhan mu.

Saya akhirnya memutuskan untuk mendaftar ke program Master of Information System dan Master of Science in Software Management CMU karena kedua program tersebut cocok dengan kriteria yang saya inginkan. Jadi, sudah siap memilih universitas impian mu? ­čśë


Artikel ini merupakan artikel pertama dari seri Road to CMU. Untuk fase lainnya, kamu bisa lihat di halaman berikut:

  1. http://roxinlabs.com/2016/10/road-to-cmu-mencari-kampus-impian/
  2. http://roxinlabs.com/2016/11/road-to-cmu-persiapan-pendaftaran/

Nanda Firdaus

Graduate Student in Information System Management at Carnegie Mellon University. Previously worked as Marketing Technology Analyst and Data Analyst in Traveloka.com. Passionate about new technology and have interest in data, business and investment. Ex-Microsoft Student Partner. Graduated from Information System, Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia.

You may also like...

1 Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *