Determinasi, Keyakinan dan Kesungguhan

image

Mungkin banyak diantara kita yang sering berusaha, namun hasilnya selalu saja gagal. Ada diantara kita yang bahkan menyerah sebelum memulai karena tidak yakin dapat berhasil melakukan sesuatu. Ada pula yang kelihatannya hanya melakukan sedikit usaha, namun sudah bisa mendapatkan apa yang selalu gagal kita dapatkan. Semua hal tersebut adalah hal yang wajar dan sering kita temui di kehidupan kita.

Hari ini saya menerima kabar bahwa 3 orang teman saya lolos ke babak world final dalam kompetisi competitive programming. Tentu itu merupakan suatu pencapaian yang sangat luar biasa. Tidak semua orang bisa mencapainya. Yang ingin saya soroti disini adalah bagaimana perjalanan mereka hingga bisa sampai ke tahap ini. Mereka tidak melakukan ini dengan kebetulan atau tiba-tiba. Banyak usaha dan pengorbanan yang telah mereka lakukan untuk bisa sampai ke tingkat ini.

Saya tahu bagaimana mereka terus berlatih untuk mengasah kemampuan mereka. Mengikuti berbagai kompetisi lokal maupun internasional untuk mempertajam pengetahuan dan skill mereka. Tahun ini merupakan kali keempat mereka mengikuti kompetisi ini, dan pada tahun ini akhirnya mereka bisa naik level sampai ke world final. Luar biasa determinasi dan usaha yang telah mereka tunjukkan. 😀

Hari ini saya juga membaca buku Studentpreneur karya kak Arry Rahmawan. Saya cukup terkejut saat membaca tulisan mengenai bisnis adik kelas saya di Fasilkom, Hana Fitriani, yang membuat usaha binder custom. Awalnya yang ada di pikiran saya ketika mendengar bisnis binder adalah, “oh, cuma jualan binder. Mungkin untungnya ngga seberapa”. Dan… I’ve never been so wrong.

Menjawab tantangan dari ibunya, dia berhasil mendapatkan omzet lebih dari 100 juta rupiah dalam waktu satu tahun. Padahal awalnya, niatnya hanyalah untuk menambah uang saku. Dia bahkan pesimis dapat mencapai target yang diberikan ibunya tersebut. Namun pada akhirnya, ia bisa melebihi tantangan yang diberikan oleh ibunya tersebut. Membacanya saja membuat saya malu karena saya belum ada apa-apanya.

Dari kedua kejadian tersebut, hari ini saya belajar beberapa hal.

Determinasi merupakan hal yang sangat fundamental dalam sebuah kesuksesan. Dalam perjalanan menuju kesuksesan, akan selalu ada halangan dan kegagalan yang membayangi. Kita lah yang memutuskan, apakah akan berhenti dan menyerah, atau terus berusaha dan belajar dari kegagalan. 🙂

Tidak ada target yang terlalu besar bila kita yakin dan bersungguh-sungguh. Tidak ada sesuatu yang terlalu kecil untuk dilakukan bila kita serius dan diniatkan untuk sesuatu yang baik. Mengerjakan sesuatu yang kecil lebih baik daripada hanya menunggu sesuatu yang besar tanpa melakukan apa-apa.

Semoga bisa menjadi pelajaran untuk saya dan orang lain. 🙂

Nanda Firdaus

Graduate Student in Information System Management at Carnegie Mellon University. Previously worked as Marketing Technology Analyst and Data Analyst in Traveloka.com. Passionate about new technology and have interest in data, business and investment. Ex-Microsoft Student Partner. Graduated from Information System, Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia.

You may also like...

1 Response

  1. Alvie says:

    Wow banget nih tulisannya mas, simple tapi ngena.

    Baca tulisan ini saya teringat dengan speechnya Jack Ma yang saya tonton di Youtube mengenai persistent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *