Apa Hubungan Memperbaiki Diri dengan Jodoh?

Sering kita dengar orang-orang berkata, “bila kamu mau jodoh yang baik, pantaskan diri kamu. Perbaiki kualitas diri sendiri biar dipertemukan dengan jodoh yang sesuai. Laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik dan perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik”. Well, itu memang tertera di dalam Al-Quran, tapi ada ngga sih alasan logis untuk hal tersebut?

Baru-baru ini ditengah pikiran yang random, saya kepikiran tentang hal ini. Bagaimana bisa kita mendapatkan jodoh yang sesuai dengan kepribadian kita yang mungkin sering berubah-ubah. Padahal jodoh kan udah tertulis di lauh mahfuz.

Dari hasil pemikiran itu, saya mengambil kesimpulan. Wanita itu diciptakan dari tulang rusuk laki-laki. Pada dasarnya anda dan jodoh anda itu adalah satu. Kalian tentu memiliki suatu ikatan yang tanpa kalian sadari telah ada bahkan sejak kalian belum terlahir di dunia ini. Melalui ikatan itulah kalian terhubung.

Kita sering mendengar muslim itu ibarat satu tubuh. Bila ada suatu bagian yang sakit, maka ikut sakit pulalah bagian yang lain. Begitupun dengan jodoh mu. Kalian itu satu. Maka bila salah satu dari kalian menjadi lebih baik atau menjadi lebih buruk, secara tidak langsung akan mempengaruhi yang lain untuk menjadi sama seperti kalian. Karena itu bila kalian memperbaiki diri kalian, secara tidak langsung kalian juga telah menolong jodoh kalian untuk menjadi insan yang lebih baik juga. 🙂

Yah, itu hanya pikiran random saya. Namun, saya rasa cukup logis. Just want to share my thought. 😀

Nanda Firdaus

Graduate Student in Information System Management at Carnegie Mellon University. Previously worked as Marketing Technology Analyst and Data Analyst in Traveloka.com. Passionate about new technology and have interest in data, business and investment. Ex-Microsoft Student Partner. Graduated from Information System, Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *