Tips Imagine Cup

Veteran Imagine Cup kak Dody ‎Qori Utama bagi-bagi tips. Catet! 😀

 

[sharing] tips dan trik yang sudah saya praktekan di imagine cup 2010-2012 :
1. Pastikan anda memiliki team yang lengkap. Tipe2 orang yg harus ada di team anda : programmer, desainer , presentator , inisiator , inovator dan orang visioner.
2. Jangan pernah berpikir menumpuk banyak dewa satu bidang (misal semua dewa coding) dalam team icup anda , percayalah itu akan merusak team anda. Imagine cup bukan ACM !! Yang anda butuhkan adalah kestabilan team.
3. Tugas inisiator adalah selalu mengingatkan dan memberisikin team kalau team bekerja lambat atau ga sesuai target (pilih yg aga cerewet) dan ga takutan Orangnya karena inisiator ini adalah ujung tombak banget buat mengingatkan team dan harus bisa marah2 ke anggota team lain.
3. Tugas inovator dan orang visioner adalah “lebay” , kalau bisa presentator harus punya sifat ini. Karena presentator harus memiliki visi jauhh kedepan. Orang tipe ini berfungsi untuk lebay ketika presentasi dan bisa mempersiapkan tanya jawab.
4. Desainer dan programmer harus satu hati. Konsepkan aplikasi dengan baik. Karena desain yg ga sinkron sama coding itu berantakan sekali.
5. Pastikan anda semua paham dengan dalam ide apa yang anda kerjakan. Jangan sampai yg paham cuma satu orang saja.
6. Fungsionalitas UTAMA aplikasi HARUS JADI. fungsionalitas penghibur itu belakangan saja karena percuma anda punya aplikasi tampilan keren animasi sana sini sementara fungsi utama buat apanya ga jadi . Fungsi pemanis itu bukan senjata anda, banyak template yg lebih indah dari yg anda buat dimata juri. Karena itu senjata anda adalah fungsi utama !!
7. Pilih mentor yg expert di bidang itu. Jangan pilih mentor sembarangan misal mentor karena dia temen kita yg mau ikut aja. Di Imagine cup worldwide mentor2 nanti akan dipisahkan dari anggota dan akan ada forum diskusi dll khusus mentor . Kalau mentor anda asal comot dan ga menguasai bidang bakal malu2in aja nanti kalau di sesi diskusi ga bisa apa2. Mentor yg ahli jg akan mempermudah pekerjaan anda karena anda punya ahli.
8. Pilih anggota yang anda semua nyaman berlama2 dengannya . Kalau ada keretakan dan ketidaknyamanan akan merusak pekerjaan.
9. Waktu ideal pengerjaan ide icup yg matang adalah lebih dari 6 bulan. Kalau anda mengerjakannya dibawah 6 bulan anda harus bekerja ekstra keras siang malam untuk mengejar ketertinggalan waktu ideal. Beberapa juara icup dunia yg saya kenal malah menyiapkan idenya dalam skala tahun sebelum.
10. Bagi yang lolos ke worldwide : juri lokal dan internasional itu bedaaaa banget. Juri lokal kita memegang budaya timur sedangkan juri internasional itu budaya barat pada umumnya. Di worldwide jangan bertele2 dalam presentasi. “hiburan” , ice breaking dan sejenisnya lebih baik dihindari. Juri internasional senang berdebat dengan anda . Dan pas debat anda harus tegas , “keras” , yakin, lantanh dan percaya diri. Tapiiii jangan pernah coba debat debat dengan “keras” dengan juri lokal karena akan dianggap ga sopan(budaya indonesia dilarang “melawan” orang tua )
11. Juri internasional itu terdiri dari bisnisman, praktisi, dan akademisi. Siapkan bisnis proses dan data serta jurnal ilmiah sebagai senjata. Juri lokal pasa umumnya cuma praktisi dan bisnisman. Akademisi hampir tidak pernah ada sebagai juri nasional(cuma rony satrio wahono seinget saya)
12. Semua anggota team harus bisa bahasa inggris !!!
13. Jangan ragu bawa mahasiswa pascasarjana(S2 dan S3) ke team anda. Ketika anda di worldwide anda jangan kaget kalau ketemu team isinya mahasiswa S3 semua. Saya sering ketemu team kaya gini. Mahasiswa pascasarjana yg “benar” itu memiliki kematangan dan pengetahuan yang berbeda dibanding mahasiswa S1 dan D3( ga wajib ada sih, tapi kalau ada akan memperkuat team)
14. Selalu berdoa dan rendahkan diri anda dihadapab tuhan . Usaha yg keras dan bagus tapi ga diridhoiNYA maka anda akan sia2 🙂

Semangat semuanya untuk icup kali ini ya 🙂

Nanda Firdaus

Graduate Student in Information System Management at Carnegie Mellon University. Previously worked as Marketing Technology Analyst and Data Analyst in Traveloka.com. Passionate about new technology and have interest in data, business and investment. Ex-Microsoft Student Partner. Graduated from Information System, Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *